Saturday, September 27, 2008

Indonesian Number Theory

Sebagai refreshing aja hehe.
Yak mulai ....

Dalam bahasa Indonesia angka 1-9 ditulis sebagai berikut,
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Tujuh
Delapan
Sembilan
(Tolong dicek kalau ada kesalahan)

Jika kita perhatikan (jangan dipandang terus ya nanti mata jadi sakit), awalan dari angka-angka di atas dapat ditulis sebagai berikut.
S-D-T-E-L-E-T-D-S

Apakah ada yang aneh? Tentu saja ada! Yaitu jika dibaca dari kiri atau dari kanan maka urutannya akan sama alias simetris.

Kesimpulan, nenek moyang kita (pelaut atau tukang pos atau apa aja lah) ternyata suka yang simetris-simetrisan.

Dan yang menyadari hal ini pertama kali adalah Pak Koseki (orang Japan).

84 comments:

Dewoto said...

Yoyo....
Angka 0 nya mana?
jangan beranggapan bahwa 0 adalah kosong. kosong ga perlu ditulis.
lha ntar kalo mau nulis 10 gimana dong?

yoyoimut said...

>mr. dewoto
Yup. Perkecualian.
Karena 0 merusak kesimetrisan sebaiknya dihilangkan saja hehe...

Mungkin juga zama dahulu si nenek moyang itu cuma bisa berhitung dari 1-9.

Anonymous said...

iya yo, nol nya mana?? di korupsi ya?.. ternyata sejak dulu orang indonesia hobi korupsi, termasuk saya mungkin..he33..

yoyoimut said...

>mr. muchlis

0 nya dimakan boncel hehehe.

Boncel si pemakan segala macam.

Andi said...

Aku sudah tahu tipe cewek kesukaan Yoyo.

Oh ya, yoyo suka banget ama kasir dept store LIFE bernama Okada.

Aku perhatiin, wajah yoyo selalu berseri-seri kalau dilayanin kasir Okada.

Yoyo kalau suka cewek, pasti wajahnya berseri-seri.

yoyoimut said...

>andi yang gembul
Kok OOT waduh.

Bukannya Andi gembul yang suka Okada tuh.

Habis belanja kan pasti cerita tentang Okada.

Dulu Ayami, sekarang Okada, dasar Andi ...

Inaba Daiju said...

Saya jijik lihat anjing kampung Boncel.

Pasti bau!

yoyoimut said...

>andi yang gembul
Kok nicknamenya ganti si inaba ya?

Lagian Boncel bukan anjing kampung kok.Kalau bau ya Boncel-nya disuruh mandi.Atau mandi aja bareng Boncel tuh hehehe. Boncel senang mendapat teman bernama Andi gembul hehe.

Okada said...

mas yoyo, kapan lagi kamu belanja di LIFE?

aku kangen ama kamu mas.

lain kali bayar pakai uang 1 yen 3 karung ya mas!!!

yoyoimut said...

>andi yang suka okada
Kok sekarang malah ganti okada.

Lagian Okada kok berbahasa Indonesia???

okadal said...

mas, sejak kapan aku berbahasa Indonesia?

yoyoimut said...

>andi yang suka okada
Ini Okada kok aneh?

Namanya jadi kaya mobil kodol, eh salah tulis, mobil kodok.

andi said...

Kamu belum bayar perbaikan uang toilet berjamur !!

yoyoimut said...

>andi yang suka okada
Kok jadi toilet ya?

andi said...

Aku paling khawatir kalau yoyo berada di kamarku.

Yoyo suka ngupil sih!!!

yoyoimut said...

>andi yang suka okada
Biar kamar bersih, maka mengupillah di kamar bawah hehe.

Titipus said...

Mr Yoyo..
kesan pertama saya kira number theory td itu temuan anda.. tapi anda memang hebat.. bisa (bukan "mau" lho) memperhatikan hal2 kecil.. Yang Penting Yo, kpn ke Jepang lagi? Sesuai dengan nickname, sayah mau nitip! Bukan bukan nitip ayami!

yoyoimut said...

>mr. titipus
Lha sudah lulus je hehe.
Nanti kalo liburan main ke sana hehe.
Nagasaki bagus tuh.

Kok Ayami terkenal ya? Di kampus dah jadi legenda tuh.

Anonymous said...

walah walah, ayami lagi ayami lagi...
ada yang lebih cantik dari ayami ga sih ?

yoyoimut said...

>tito
Tanya anak kampus aja.

Masa di buletin2 resmi kampus semua foto Ayami.

Kata si Suzuki, dia sudah menjadi legenda tuh.

Anonymous said...

Mmm, kalo gitu ayaminya buat aku aja...
hehehe

yoyoimut said...

>si tito (siti)
Ayami sekarang kerja di lantai 24 deket tokyo big sight tuh hehe.

Terkenal juga di tempatnya Andi.

Anonymous said...

walah...

yoyoimut said...

>siti
Walah apanya hehe

andi said...

Yoyo, bantuin terjemahin ke jepang pakai hiraganan dan kanji.

Buku yang saya buat memuat banyak ilustrasi (gambar). Saya tidak menggunakan aplikasi WYSIWYG seperti Illustrator, Freehand, dsbnya. Melainkan saya menggunakan PStricks (paket tambahan LaTeX) untuk menggambar.

PStricks ini sangat fleksibel, jauh lebih fleksibel dibandingkan Illustrator dan Freehand. Namun sayang, untuk menggunakan PStricks saya harus bekerja di arus bawah, sangat rumit.

PStricks mempunyai banyak command, untuk mengerti command2 itu saya harus membaca manual setebal 300 halaman.

Sekarang saya sedang membaca manual itu.

Terima kasih.

yoyoimut said...

Galileo menjawab,

私が作る本の中に、図形がたくさんあります.この図形を描くために、Illustrator,FreehandなどのWYSYWYGアプリケーションを使わず、PStricks(latexのモジュール)を使います.

Pstricksの柔軟性はIllustratorとFreehandより高いです.しかし、PStricksは機械語に近いので、難しいと思います.

Pstricksはコマンドをたくさん持っています.これらのコマンドを理解するために300ページのマニュアルを読まなければなりません.

現在、このマニュアルを読む途中です.

以上.

Hehehe.

andi said...

Yo, bagaimana cara merayu Okada?

yoyoimut said...

>andi yang gembul
Bayar aja pake recehan 1 yen terus tiap belanja. Hehehe...

andi said...

masss...
pripun kabare
kok lebaran ora balik maning ten jepang

yoyoimut said...

>andi yang gembul
Lho kok bhs jawa?

Heran...heran...

C.F. Gauss said...

\item
Bola $S_1$ berjari-jari 3 mempunyai pusat di $A(1,-1,1)$ dan bola $S_2$ berjari-jari 2 mempunyai pusat di titik $B(t,1-t,1+t)$.
\begin{enumerate}
\setcounter{enumi}{\value{savedenumi}}
\item Tentukan batas-batas $t$ sehingga kedua bola berpotongan.\Answer{$1-\frac{1}{3}\sqrt{69}\leqt\leq1+\frac{1}{3}\sqrt{69}$}
\item \label{jarakterdekat}Tentukan $t$ yang menyebabkan jarak kedua pusat bola minimum.\Answer{$1$}
\item Menggunakan nilai $t$ pada soal nomer~\ref{jarakterdekat}, tentukan panjang jari-jari lingkaran yang merupakan perpotongan kedua bola.\Answer{$\frac{1}{4}\sqrt{46}$}
\setcounter{savedenumi}{\value{enumi}}
\end{enumerate}\medskip

Morihei Ueshiba said...

Bagaimana cara vermak anjing kampung (BONCEL) biar kayak anjing dusun (BONCOL).

yoyoimut said...

>andi gembul
Siapa bilang boncel anjing kampung?

Dimakan Boncel nanti hehehe

noname said...

@andi
Mmm, boncel itu anjing kota yang tingkah lakunya kampungan, dan tinggal di kota..
hehehe

yoyoimut said...

>siti
nanti semua dimakan boncel hehehe

noname said...

woooo,
berarti ayami juga dimakan boncel?
hehehe

yoyoimut said...

>tito
ayamie=ayam+mie

hehe

boncel suka ayam goreng

noname said...

woo, laper..
pengen ayami
hehe :D
:p
belun sarapan nih..............

noname said...

@ayami
ayaminya boong, fake...
itu mesti yang ngetik cowok..
hehe...
hayo ngaku.......

andi said...

hi, saya ayami, saya suka Boncel.

Dia lucu kayak yoyo!

yoyoimut said...

>siti
kok jadi kanibal?

sumanto?

hiiii

>andi
kok ayami ikutan ya?

yoyoimut said...

>siti
yup

hayo ngaku

itu siapa yang ngetik?

Nihongo no sensei said...

ngerjain orang:

kemarin teman dari indo datang.
dia mau ke kyoto untuk sekolah bahasa. nah kemarin sabtu dia ku ajak jalan2. dia tanya, kalau mau nanya "kereta nomer berapa ke kyoto" gimana ya?
lalu ku jawab : "kyoto e iku jitensha wa nanban desu ka".

Nah selamat mencoba.

thanks.

noname said...

kok ayaminya ganti andi ya ?
hmm....
ayaminya fake..
hehe

yoyoimut said...

>andi
Anak mana? Riau?

>siti
Ayaminya jadi bunglon

wkwkwkw

noname said...

@Nihongo no sensei said...
ini siapa lagi ya ?

noname said...

@andi
pernah ngirim barang elektronik baru ke indonesia ??

yoyoimut said...

>siti
lha nggak tahu tuh.

hehehe.

kok banyak nama aneh2 di sini.

andi said...

aku udah kirim banyak barang ke indo, mulai dari tv 50 inch, kulkas, mesin cuci, kursi pijat, dll.

Pokoknya barang2 ukuran gede dah!

yoyoimut said...

>andi tukang kirim barang
Kok kursi pijat?

Buat siapa?

Nenek2?

Kasihan dong

noname said...

@andi
pernah ngirim laptop baru ?
kalo pernah kena pajak berapa ya ???

武宏 said...

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10?

i don't know what you think

andi said...

sejak 1 April 2008 harga
1 mangkok soba atau udon naik dari 220 yen menjadi 240 yen.


sejak 1 Oktober 2008 harga
1 karaage naik dari 80 yen menjadi 100 yen.

Sekarang paket soba + 2 karaage menjadi 440 yen. Mahal ya?
Tapi enak loh!

yoyoimut said...

>siti
si dana kali yang sering hehe.

coba di buzz dia di YM

yoyoimut said...

>武宏

数字ね

なんかインドネシア語で対象的

数字の最初の文字だけをとると、SDTELETDS

左から見ても右から見ても並び方が同じだ

で、パキンブログにようこそ。。。

welcome to my blog hehehe

yoyoimut said...

>andi pelanggan soba
jual di sini aja

bikin restoran

bikinnya bareng si robi

mimi imut said...

ini pada ngomongin apa sih? kok OOT semua?

yoyoimut said...

hoo

OOT kabeh

>buat semua
Ini malah jadi OOT

waduh waduh waduh

yoyoimut said...

ini kok ada ayami ya?

leony said...

halo yoyo..
wah blognya rame sekali

yoyoimut said...

waduh, ini leony siapa lagi.

???

leony said...

>yoyo..
ini leony VH..
:p, becanda becanda :D

yoyoimut said...

>siti
Nggak tahu tuh.

Kok ayami ikutan ya?

Ini malah ada leony vh?

noname said...

@yoyo
wuih, ini leony VH apa leonynya andi ya ?
hehehe hmmm, mungkin ada yang bisa mengklarifikasi

yoyoimut said...

>siti
walah

yang namanya leony kok banyak?

noname said...

@yoyo
hujan deres nih...
ga berhenti2
hiks hiks

yoyoimut said...

>siti
main hujan2an

hehe

noname said...

nanti sakit hehe
repot kalo sakit, ga ada yang ngurusi..
enakan kamu kalo sakit orang tua dokter tinggal minta obat selesai
hehehee

yoyoimut said...

>siti
Lha.

Kan ada apotek??

Gauss said...

Hari ini saya akan menulis tentang:

1. Representasi geometri suatu vektor yaitu:
a. besar vektor.
b. arah vektor.
c. penjumlahan dan pengurangan vektor menggunakan aturan jajaran genjang dan poligon.
d. perkalian vektor dengan skalar.
e. kesamaan dua vektor.
f. vektor satuan.

Membuat contoh soal dan penyelesaian serta membuat soal untuk pembaca.


Tolong diterjemahin dalam hiragana + kanji.

Saya nggak bisa baca kanji. Tolong hiragana yo!!!


thanks.

yoyoimut said...

Galileo menjawab,

きょうはつぎのこうもくについてかくよていです.

1.ベクトルきかがく
a. ベクトルのおおきさ
b. ベクトルのむき
c. へいこうしへんけいをもちいるベクトルのわのけいさん、ポリゴンをもちいるベクトルのわのけいさん
d. スカラーばい
e. ふたつのベクトルのとうしき
f. たんいベクトル

つぎに、れいだいともんだいをつくります.

Hehehe

andi said...

Kursus Bahasa Jepang Bersama Ayami.

Pada bab ini saya akan menjelaskan dua jenis kata kerja : transitif dan intransitif.


Kata kerja transitif membutuhkan obyek sehingga dapat dipergunakan untuk membentuk kalimat pasif.

Kata kerja intransitif tak disertai obyek shg tidak dapat membentuk kalimat pasif.


Contoh berikut menampilkan kata kerja transitif yang diikut kata kerja intransitif:


Ageru (上げる) menaikkan.
Agaru (上がる) naik.

Sageru (下げる) menurunkan.
Sagaru (下がる) turun.

Ireru (入れる) memasukkan.
Hairu (入る) masuk.

Yasumeru (休める) mengistirahatkan.
Yasumu (休む) beristirahat.

Tobe continued...

yoyoimut said...

>andi
Lho?

Watashi said...

Hari ini hari yang kurang beruntung bagiku. Saya diomelin dewa maut gara2 tak bisa mencari jawaban ketiga atas pertanyaan "sebutkan sisi positif dari Sertifikasi XYZ?". Catatan : XYZ bukan nama sebenarnya, sengaja saya rahasiakan demi nyai.


Begini ceritanya.


Beberapa bulan lalu (mungkin udah ada setahun kali), saya dan dewa maut duduk di meja kecil lantai 3.
Saya itu entah bagaimana, saya menanyakan "dewa maut!, apa sih sisi positif jika siswa memperoleh sertifikat XYZ?"
Dewa maut kemudian menjelaskan dengan kosa kata yg sudah diplintir alias ngawur.
Menurut dewa maut, sertifikasi tidak sama dengan ujian. "Ini beda! nggak sama", kata dewa maut dengan PD nya.


bersambung....

yoyoimut said...

>andi pengagum boncel

Sertifikasi XYZ? Bukannya di situ cuma ada sertifikasi Suken hehe.

Nyai siapa ya? Nyonya Takada, Nenek Nemoto? Okada?

Dewa mautnya Nakamura atau Odaka atau Inaba atau ...?
Tapi kalo Inaba nggak deh, kan imut dan jenius hehe.

Kemungkinan paling besar ya Nakamura Chikara?

hehe

seeees said...

ngantuk

yoyoimut said...

lho?

Yayoiken said...

hari ini saya dapat bonus tahunan
350 ribu yen, dikurangi pajak 50 ribu yen tinggal 300 ribu yen.

lumayanlah buat beli soba tiap hari 2 mangkok, pagi sekali malam sekali.


hehehehe

Ajudan Kougo said...

Kougo san pengen nelpon Ayami.

Boleh?

bebeki hikiyama said...

perkenalkan ini blog Ayami

blog ayami

yoyoimut said...

>andi ayami

buat beli manga aja hehehe

ayo main ke NZ bareng ayami

Tukang Pos Inzai said...

Yoyo, kamu tidak menceritakan kisah mengirim kartu Tahun Baru kusut yang diremas-remas?

Masih ada kartunya?

Suami Ayami said...

Blog Mathenphy Corporation

Tolong beritahu Ayami Oshikawa supaya dia kasih komentar juga.

Ayami... hihi...

yoyoimut said...

>andi gembul
kok punya blog sendiri skr? hehe